Cara Konfigurasi Gammu Di Windows

2 komentar
Setelah sebelumnya ical menulis postingan apa itu Gammu , kali ini kita akan mengatur konfigurasi gammu agar modem/hp yang terpasang di komputer bisa dikenali oleh Gammu. Gammu sendiri mempunyai 2 konfigurasi umum yang harus diatur yaitu konfigurasi Gammu(gammurc) itu sendiri dan konfigurasi SMS Diamond (smsdrc). Nama file default apabila kamu sudah mendownload software Gammu , disana akan ada file yaitu gammurc dan smsdrc. Nah 2 file inilah yang akan disesuaikan dengan modem dan database pada komputer kita.

Sebelum pengaturan konfigurasi , dilaptop anda sudah harus terinstall app web server entah itu Xampp , AppServ dan lain-lain. Yang nanti akan dipakai untuk menginstall database Gammu.

Oke lanjut. Pertama-tama kita mengatur konfigurasi dari file gammurc. Isi dari file itu kira-kira seperti dibawah ini.
[gammu]
port = com4:
connection = at
[gammu1]
port = com14:
connection = at115200
[gammu2]
port = :
connection =
[gammu3]
port = :
connection =

Diatas adalah contoh config yang ical gunakan sekarang , yaitu untuk mengenali 1 buah modem gsm(gammu) yang terpasang pada port: com4 , dan 1 buah hp nokia 6120c (gammu1) yang dihubungkan melalui bluetooth, dimana bluetooth terpasang pada port com14. Seperti pada kasus diatas ical menggunakan 2 buah gammu, yang pertama untuk modem dan yang kedua untuk hp. apabila kamu hanya memiliki satu buah cukuplah mengkonfigurasi [gammu] saja, [gammu1], [gammu2], dst di kosongkan saja.

Selanjutnya bagaimana kita menentukan port dari suatu modem atau hp yang terpasang dikomputer kita. Berikut penjelasannya.

  1. Klik start - menuju ke My Computer, klik kanan My COmputer, pilih Properties, maka akan muncul jendela System Properties, pilih dan Klik Tab Hardware. Perhatikan gambar dibawah ini.
  2. Selanjutnya pada Tab Hardware pilih sub menu yaitu Device Manager, akan muncul jendela windows seperti dibawah ini.
  3. Sekarang sorot dibagian Modem, nah disitu anda akan temui sejumlah modem yang sudah terinstall di komputer anda, seperti pada komputer ical saat ada beberapa modem yang terinstall, bisa anda lihat pada gambar diatas.
  4. Untuk melihat di port mana modem tersebut terpasang, kita tinggal double klik pada modem yang di maksud, contohnya ical ingin mengecek modem huawei, tinggal double click pada modem tersebut, perhatikan gambar:
  5. Pada gambar diatas, ada yg ical berikan kotak, itulah port dari modem huawei yang terpasang di komputer ical, begitu juga dengan anda, silahkan perhatikan dibagian port, jika tertulis com4, itulah di masukkan pada konfigurasi gammurc.

Untuk connection atau tipe koneksi bisa anda cek langsung di phone database gammu di http://wammu.eu/phones/ , kebanyakan kalau modem menggunakan connection at.

Oke selanjutnya pengaturan konfigurasi pada SMSDRC.
kode-kode penyusun file ini adalah seperti dibawah ini:
[gammu]
# isikan no port di bawah ini
port = com4:
# isikan jenis connection di bawah ini
connection = at

[smsd]
#service default adalah mysql
service = mysql
#penyimpanan log smsd default
logfile = smsdlog
#isikan nama dari hp atau modem yang terhubung
phoneid = modem
#status pengiriman pesan
deliveryreport= no

# -----------------------------
# Konfigurasi koneksi ke MySQL
# -----------------------------
pc = localhost

# isikan user untuk akses ke MySQL
user = nama_user
# isikan password user untuk akses ke MySQL
password = password_anda
# isikan nama database untuk Gammu
database = nama_database

Untuk [gammu] pada gammurc dan smsdrc adalah sama, anda bisa copas. dan [smsd] silahkan sesuaikan dengan handphone dan database yang ada di komputer kamu.

Oke, konfigurasi gammu pada windows telah dilakukan, cukup sekian dulu. nanti dilanjut pada postingan berikutnya.

Related Posts

2 komentar

  1. oke mantap di coba???
    as mau tanya kalau pake HP K-touch e329 evdo udah sama tapi ga bisa gimana mas????

    BalasHapus
  2. pake koneksi apa bro klo boleh tau???

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter