Cara Mengamankan Jaringan Wireless

1 komentar
Cara Mengamankan Jaringan Wireless yang Paling direkomendasikan dan paling aman, sesaat lagi ical akan bahas. Sebelumnya anda pasti sudah pernah membaca trik-trik mengamankan jaringan wirelass di blog lain, tapi mungkin tidak merekomendasi yang mana yang terbaik. oke kali ical akan memberikan cara mengamankan jaringan wireless anda (jaringan wireless warkop , atau jaringan wireles lainnya), dilengkapi dengan gambar settingannya.

Memberikan kode password dengan enkripsi 128bit mungkin inilah cara yang paling umum digunakan saat ini di kebanyakan jaringan wireless yang ada. Amankah cara ini? Jawabnya tentu saja tidak. Alasannya password bisa saja dibeberkan kemana-mana, contohnya saja pada Jaringan Wireless Warkop, hanya satu orang yang ngopi, telpon kawan yang sekitaran warkop, bisa konek dong, jadi kesimpulannya cara ini tidak aman.

Jadi Cara Mengamankan Jaringan Wireless yang paling aman seperti apa????

Ical saat ini yang menggunakan akses point TP-LINK , mengamankannya dengan cara MAC Address Filtering. Ya cara dengan MAC Address Filtering merupakan cara paling aman mengamankan jaringan wireless anda dengan koneksi luar. Dimana dengan cara ini, anda tidak perlu lagi menggunkan WEP dengan ekripsi 128bit, karena hanya Laptop/PC/Mobile yang mac address wireless terdaftar yang bisa terkoneksi dengan jaringan kita.

Untuk penggunakannya silahkan pelajari sendiri akses point yang anda gunakan. Untuk di warkop, sangat direkomendasikan menggunakan cara ini, tapi agaklah rumit tapi kalau sudah terbiasa pasti akan sangat mudah.

Sebenarnya ada lagi cara yang paling gampang bagaimana Mengamankan Jaringan Wireless yaitu dengan menggunakan mikrotik, tapi ini membutuhkan lagi biaya yang sangat besar. Kalau cara Mac Address Filtering sudah pasti bisa karena tidak memerlukan peralatan khusus, di karenakan itu merupakan bagian dari akses point itu sendiri.

Berikut tampilan menu Mac Address Filtering yang ical terapkan di akses point kost-an.


Cara Mengamankan Jaringan Wireless
Cara Mengamankan Jaringan Wireless

Related Posts

1 komentar

  1. MAC Filtering tetap tidak aman bro, kenapa bisa???
    ya bisa, kalau ada yang bisa detect jaringan kita, sudah tentu bisa melakukan ARP Spoofing pada Jaringan kita, dengan melakukan ARP Spoofing dia (attacker) bisa menemukan IP Wifi, dan IP Client, dari IP client bisa di temukan MAC Address Client.
    tentu saja Attacker tidak sulit untuk mengganti Physical Address nya (MAC Address) nya menjadi MAC Address Korban yang ingin di Clone (Clone MAC) artinya, dia mengganti MAC Address nya menjadi MAC Address yang telah tergister dalam JAringan tersebut, dengan mengganti MAC nya menjadi salah satu MAC Address member, otomatis dia juga di anggap sebegai Member juga...!!! Salam Blogger Bro..

    http://touyabanderas.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter