Kartu Tidak Bisa Mengakses Internet

6 komentar
Ada pertanyaan visitor icalcell nih, yang menanyakan kartunya tidak bisa terkoneksi ke internet tapi sudah daftar layanan GPRS pada kartu tersebut. Karena jawabannya sangat panjang dan memerlukan pengalisaan yang lebih, sehingga icalcell memilih untuk mempostingkan saja jawaban dari pertanyaan visitor tersebut. Sempat ada visitor lain yang mengalami hal yang sama, bisa terbantu juga dengan adanya postingan ini.

Koneksi internet dengan menggunakan provider GSM khususnya Telkomsel itu menggunakan layanan GPRS (General Packet Radio Service) lebih diatas lagi layanan HSPDA. Untuk kartu Telkomsel sendiri, jika kita menggunakan kartu perdana baru maka kita diwajibkan untuk registrasi kartu untuk layanan GPRS/MMS. Lain halnya untuk provider Indosat, XL, 3 (Three), kartu perdana sudah default paket GPRS/MMS langsung diaktifkan oleh pihak provider, sehingga bisa langsung digunakan untuk akses Internet.
Kartu Tidak Bisa Mengakses Internet

Masalahnya sekarang untuk kartu Telkomsel yang harus terlebih dahulu diregistrasikan untuk layanan GPRS/MMS. Biasanya saat registrasi layanan GPRS/MMS , bertepatan dengan sistem yang sedang sibuk, sehingga kemungkinan besar balasan layanan ke handphone sukses untuk layanan GPRS/MMS, nyatanya tidak juga. Dibawah ini contoh balasan dari call center 6616 saat registrasi GPRS/MMS.

"Welcome To Telkomsel GPRS, your request will be process 48 hour bla bla"

Balasan Berikutnya
"Fitur GPRS Anda Telah Aktif"

Jangan berpatokang pada reply operator yang mengatakan kalau Fitur "GPRS/MMS Telah Aktif " , jadi untuk memastikan kalau kartu anda memang sudah aktif untuk layanan GPRS/MMS. Maka perhatikan tanda dibawah ini.
Cara Memastikan Layanan GRPS/MMS Aktif Untuk Nokia
Ada huruf G (GPRS) apabila jaringan yang ditangkap itu adalah GRPS
Ada huruf E (EGPRS/EDGE) apabila jaringan yang ditangkap itu adalah EDGE
Ada huruf 3G apabila jaringan yang ditangkap adalah jaringan 3G.

Perhatikan tanda itu di dekat bar sinyal, kalau tanda itu sudah ada maka memang benar kalau layanan internet anda sudah aktif.

Cara Memastikan Layanan GRPS/MMS Aktif Untuk Sony Ericsson
Perhatikan bar sinyal yang ada di sebelah kiri, bar sinyal membentuk segitiga siku-siku, jika ada segitiga siku-siku lagi (warna biru) yang berdempet dengan bar sinyal, sehingga apabila menyatu akan membentuk persegi panjang, maka layanan GPRS kartu sudah aktif.

Secara Umum Untuk Memastikan Layanan GPRS sudah aktfi untuk HP Nokia , Sony Ericsson dan HP lain
  1. Pastikan pulsa anda mencukupi untuk akses internet (Rp.5000 sudah cukup untuk mengetes)
  2. Pastikan ada sinyal yang ditangkap oleh handphone anda.
  3. Set APN, Proxy dan Port default untuk setiap provider
  4. Masuk ke browser, browsing apa saja, kalau bisa berarti kartu anda sudah aktif layanan GPRS-nya

Kejadian seperti di atas sudah banyak kali ical temukan, baik di kartu ical sendiri maupun kartu teman, solusinya bisa menghubungi call center, untuk dibantu agar kartunya dicek, tanyakan soal layanan GPRS/MMS/3G kartu anda, mengingat jawaban operator terlalu bertele-tele dan harus nunggu beberapa hari ke depan, solusinya ganti kartu saja. Karena itu yang ical tempuh selama ini kalau menemukan kartu yang pas diregistrasikan GPRS/MMS terus ada balasan GPRS/MMS telah aktif, nyatanya tidak juga.

Related Posts

6 komentar

  1. sama gan aku juga pernah ngalamin gitu.waktu itu hp temen baru sc juga baru tapi gak bisa internet trus ke toko tempat beli hpnya ,cek dan cek gprs blm aktif.trus di coba *116# ikuti petunjuk aktifasi gprs jadi deh internetnya .smoga membantu.

    BalasHapus
  2. Wah, makasih mas jawabannya...
    Kemaren ane udah nelpon operator, dan mereka nyerah..
    Ane coba brosing lewat HP, ternya ga bisa, jadi coba lagi registrasi ulang semuanya, termasuk 3g dan ternyata 3gnya yang belum aktif...
    Setelah itu baru bisa brosing2..

    Makasih ya mas jawabannya..
    Kartu ane Qos8mb.. hehe...
    Uda coba trik mas ical yg terbaru, tapi agak lemot ya...
    Ga bisa sampe ratusan kbps kaya punya mas ical..
    Itu alasannya kenapa ya mas?

    BalasHapus
  3. Kadang walaupun connect inet, tapi ga bisa buka situs, kenapa ya

    BalasHapus
  4. Pernah punya ane juga gitu. terus ngadu ke pihak telkomsel, langsung dibenerin sama pihak telkomsel.

    BalasHapus
  5. Mau naya knpa ya katu paket data saya gak bisa di pakai dan gak kluar juga lambah h+ nya di ponsel mohon bantuanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter