Macam-Macam Aplikasi Pengolah Angka Serta Cara Membukanya di Komputer

Posting Komentar
Aplikasi pengolah angka merupakan sebuah program yang digunakan di komputer untuk keperluan perhitungan. Perhitungan angka demi angka dengan menggunakan aplikasi pengolah angka akan membuat semuanya menjadi gampang dan sangat cepat dalam menyelesaikan perhitungan di komputer. Seperti menghitung gaji, nilai, pajak, dan lain-lain. Juga dengan aplikasi ini dapat menggunakan rumus, serta pembuatan grafik dengan cepat.

Berikut ini contoh aplikasi pengolah angka yang bisa anda gunakan.
1. Microsoft Office Excel 2007
2. Kspread
3. StarOffice Calc
4. Open Office Calc
5. GNOME Office – Gnumeric
6. Abacus
7. XESS
8. Lotus

1.  Microsoft Office Excel 2007 merupakan aplikasi pengolah angka yang sangat digemari sekarang. Tampilan dan carapenggunaanya yang user friendly merupakan alasan banyak orang menggunakan aplikasi ini.


Cara membuka microsoft office excel 2007 adalah Klik Start - All Program - Microsoft Office - Microsoft Office Excel 2007.

2. Kspread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.


Cara membuka di komputer adalah Klik Start - All Program -Koffice - Kspread.

3. StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.


Cara membuka StartOffice Calc di komputer adalah klik Start - All Program - StartOffice - StartOffice Calc.

4. OpenOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang besifat open source (dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja). Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan prograr Microsoft Excel


Cara membukanya : Start - All Program - OpenOffice - OpenOffice Calc

5. GNOME Office – Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.


Cara membukanya : Start - Allprogram - Gnome Office - Gnumeric

6. Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.


Cara membukanya : Start - All Program - Abacus

7. XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – http://www.ais.com) dan dapat dijalankan dikomputer dengan sistem UNIX, Linux, Open VMS dan Windows.


Cara membukanya : Start - All Program - XESS

8. Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite. Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini sempat tenar dan banyak digunakan oler masyarakat dunia di era tahun 80-an.


Cara membukanya : Start - All Program - Lotus123



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter