Hemat Listrik Dengan Pembagian Jalur melalui MCB

1 komentar
Listrik sekarang ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer. Yahh bisa dibilang semua aktifitas manusia berhubungan dengan listrik. Bisakah kita hidup 24 jam tanpa listrik?? Jawabannya ada pada diri masing-masing.

Kali ini kami sekedar memberikan tips cara hemat listrik yang bisa anda praktekkan di rumah. Oke kita mulai saja, tapi sebelumnya kita ambil contoh dulu. Misal dirumah daya 900 watt, artinya MCB yang digunakan adalah 4 Ampere, karena 1 ampere itu 220volt, 4ax220v =880VA dibulatkan 900VA atau 900 watt.

Langkah penghematan yang bisa dilakukan adalah dengan membagi jalur dulu. Dengan daya 900 , bisa dibagi 2 jalur menggunakan 2 MCB yang amperenya adalah 2. Disamping cara membagi jalur ini bisa menghemat, juga bisa membantu kita dalam hal mengcek permasalahan listrik. Misal pembagiannya, 1 jalur untuk di dalam rumah, dan 1 jalur lainnya untuk di luar, pekarangan, garasi mobil. Jadi misal di halaman rumah yang bermasalah hanya jalur tersebut yang padam lampunya, lampu di dalam rumah tetap menyala.

Dalam kasus ini, kami telah mempraktekkan dan menggunakan cara ini kurang lebih 2 tahun. Dengan daya 1300watt, yakni dengan MCB utama yang melekat di meteran menggunakan 6 ampere, kami membagi 3 jalur masing-masing menggunakan MCB 2 ampere.

Kenapa dengan cara ini disamping jalur tertata dengan baik juga bisa menghemat listrik? Logikanya begini. coba anda bandingkan jika dari MCB 6 ampere (1300watt) ini langsung digunakan tanpa dibagi jalurnya. maka artinya disini daya 1300watt selalu standby untuk digunakan. Dibandingkan dengan daya 1300watt (6 ampere) dibagi 3 jalur, dimana 1 jalur menggunakan MCB 2 ampere saja, yang artinya dayanya hanya 450watt. Sudah pastinya lebih hemat yang dibagi jalurnya, karena sebenarnya dengan daya 1300, tapi yang digunakan itu hanya 450watt saja.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini:

Hemat Listrik Dengan Pembagian Jalur melalui MCB
jadi kesimpulannya, jika hanya 1 jalur yang digunakan, berarti hanya seperti rumah yang dayanya hanya 450watt, sehingga akan lebih hemat dibanding menggunakan daya 1300watt sekaligus.

Adapun kekurangan dari cara ini adalah MCB akan anjlok jika kita menghubungkan perangkat elektronik yang dayanya di atas 450watt. Tapi manfaatnya jauh lebih baik. Sejauh ini saya gunakan pembagian jalur di rumah saya, dengan pembgian 1 jalur untuk rumah, 1 jalur untuk warnet, dan 1 jalur untuk kios dan garasi mobil, dan sampai saat ini tidak ada kendala. Selamat mencoba trik penghematan listrik yang sangat simple dan gampang untuk dipraktekkan di rumah anda.


Related Posts

1 komentar

  1. Bolehkah daya 900 di buat 2 group masingasing dengan mcb 4 ampere?

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter