Cara Instalasi Epson L310 Hingga Siap Digunakan

5 komentar
Printer Epson L310 merupakan pengembangan dari Epson, dimana tipe sebelumnya adalah Epson L300 dengan sistem Infus dari pabrikan. Printer Epson L300/L310 banyak digunakan oleh perusahaan percetakan dikarenakan daya cetak yang cepat serta tempat penampungan tinta/tank tinta yang besar sehingga lebih efesien dalam hal kebutuhan tinta yang banyak, artinya tidak perlu lagi berulang-ulang mengisi tinta seperti printer biasa pada umumnya.
Cara Instalasi Epson L310 Hingga Siap Digunakan

Kali ini kami tidak akan membahas spesifikasi epson L310 ini, melainkan akan berbagi tata cara penginstalan ataupun pemasangan printer epson L310 yang baru dibeli hingga siap untuk digunakan. Dimana yang namanya printer canggih sudah pasti membutuhkan kiat khusus agar bisa digunakan, tidak seperti printer biasa, dimana jika cartridge sudah terpasang langsung bisa digunakan.

Sebenarnya kasus ini kami alami sendiri, setelah sekitar 6 Tahun menggunakan Canon IP2770, hari ini tepatnya, kami mau mencoba printer keluaran Epson yang telah dilengkapi dengan Tank Infus bawaan pabrik, dimana kebutuhan print di warnet meningkat, dan sangat repot bila harus mengisi tinta berulang-ulang, maka jatuhlah pilihan kepada Epson L310 ini.

Berikut langkah yang bisa anda lakukan, saat pertama kali akan memasang printer epson L310 ini.
1. Yang pastinya printer epson L310 harus dikeluarkan dari dosnya. :)
2. Lepas semua plester warna biru biasanya,
3. Setelah plester sudah dilepas semua, sekarang lepas tanki. Untuk melepas, cukup diangkat sedikit, hingga lepas dari pengaitnya.
4. Lalu baringkan tangkinya, yang perlu diperhatikan selang jangan sampai tertarik.
5. Buka semua penutup tinta, ada 4 lubang, masing-masing tertutup karet.
6. Tinta bawaan sudah ada dalam dos, buka 1 per 1, dan tuang ke dalam tangki, sesuai warna yang ada. Biasanya 1 botol akan habis dan tangki terisi penuh.
7. Setelah sebuah tinta di tangki sudah terisi, tutup rapat kembali dan bangunkan tangki, tempelkan kembali ke bodi printer.
8. Printer siap dinyalakan. (untuk lebih jelas, epson melampirkan dalam dos, tata cara pengisian tinta, pada printer baru, silahkan dibaca)

Setelah printer nyala, install dulu driver di laptop/pc, nanti akan ada perintah untuk menyambungkan usb dari printer ke laptop. Setelah penginstalan driver selesai, maka proses masih berlanjut. Printer belum dapat digunakan. Dimana keterangan yang muncul sebagai berikut:
Untuk menyelesaikan proses pengisian daya tinta awal, lihat lembar konfigurasi.

Kami sempat bingung, prosedur sudag sesuai,tetapi tinta belum terbaca pada sistem printer, dengan lampu indikator tinta yang menyala. Berulang-ulang kami mencoba untuk memprint, selalu saja muncul peringatan seperti diatas. Setelah hampir 10x mencoba memprint, tapi tetap saja muncul peringatan yang sama, maka langkah yang kami ambil, yakni mencoba, menekan lama tombol yang berada tepat di lampu indikator tinta. Setelahnya kami sangat kebingungan, karena sekarang peringatan berubah yaitu:
Mempersiapkan sistem tinta, diikuti lampu indikator tinta berkedip-kedip.

Prosesnya lama, hingga membuat panik, sampai-sampai kami search di google, dan akhirnya disuruh reset jika permasalahan seperti ini. Proses masih berjalan kira-kira hampir 30 menit. Dan ternyata, memang prosesnya seperti ini, jika anda pertama kali menggunakan printer epson L310, maka sistem tinta belum terbaca, tekan lama indikator tinta, hingga kedip-kedip, tunggu proses "mempersiapkan sistem tinta" yang memakan waktu sekitar 30 menit. Hingga lampu kedip tinta berhenti dan siap untuk digunakan.

Itulah cara pasang printer baru Epson L310, hingga siap digunakan untuk mencetak dokumen atau foto.

Related Posts

5 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter