Tarik Peserta Didik Dapodik 2019 Lebih Praktis dan Mudah

Posting Komentar
Lama tidak membahas pendidikan, khususnya aplikasi dapodik, yang kini versi dapodik sudah versi 2019, tentunya sistemnya jauh lebih baik dari versi-versi terdahulu. Kini kami kembali membahas mengenai tarik peserta didik, dimana untuk jenjang SMP , siswa baru tidak lagi bisa diinput secara manual melalui aplikasi dapodik langsung melainkan harus di tarik peserta didik melalui situs https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id .

Langkah-langkah tarik peserta didik melalui https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id sebagai berikut:
1. Kunjungi https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id , kemudian login menggunakan username dan password sekolah.

2. Setelah berhasil login, klik kelola data.
3. Klik peserta didik, kemudian tambahkan.
4. Nanti dihadapkan dengan pemilihan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan sekolah, seperti gambar ini.

Tarik Peserta Didik 2018 Lebih Praktis dan Mudah
5. Klik tampilkan, maka akan muncul semua siswa di sekolah tersebut yang lulus tahun ini, seperti gambar ini.

Tarik Peserta Didik 2018 Lebih Praktis dan Mudah
6. Jadi langkah selanjutnya siswa memilih siswa yang ingin ditarik sebagai siswa baru, disini yang praktis dan simpelnya, karena tahun kemarin kita harus mencari 1 per 1 nama siswa yang harus di tarik.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jika siswa di sekolah yang anda akan tarik jumlahnya sekitar 30 siswa, maka akan terbagi menjadi 3 halaman, karena yang tampil perhalaman hanya 10 siswa, jadi harus disimpan dulu perhalamannya, mulai dari halaman 1 kemudian 2 dan terakhir halaman 3.

Sebagimana catatan akhir, jika siswa yang ingin anda tarik tidak dari dapodik, misalnya dari sekolah madrasah atau sekolah naungan Kemenag lainnya, maka pada gambar nomor 4 diatas, silahkan pilih Tarik PD Luar dapodik, kemudian isikan data siswa tersebut secara manual.

Nah itulah cara tarik peserta didik untuk dapodik versi 2019, yang kami rasa cukup mudah dan sangat praktis, karena kami sendiri, untuk menarik data siswa baru dari 5-6 sekolah dasar, hanya butuh waktu 1 hari, 86 siswa sudah masuk di dalam aplikasi dapodik versi 2019. Selamat mencoba, salam satu data.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter