Cara Install OS Blackberry Lengkap Dengan Gambar

55 komentar
Melengkapi postingan sebelumnya yaitu Panduan Lengkap Install Ulang OS Blackberry , dimana disana ical tidak sempat ikutkan gambarnya, dengan alasan ketidakrapian postingan apabila ada gambar tapi hanya sebagian, jadi ical pisah saja, dan ical beri navigasi biar lebih mudah dijangkau. Hal serupa yang ical lakukan pada postingan Cara Wipe OS/Device Blackberry, Cara Backup Data Blackberry dan Cara Backup Aplikasi Blcakberry.

Pada postingan kali ini ical akan memberikan Cara Install OS Blackberry Lengkap dengan gambarnya , sehingga kemungkinan untuk anda meraba-raba, tidak akan terjadi.

Proses ini merupakan lanjutan dari proses wipe os blackberry yang kita lakukan , dimana saat wipe os blakberry berhasil maka blackberry tidak akan bisa digunakan, dengan tampilan di layar "Reload Software: 507" seperti gambar dibawah ini.
Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar

Ingat dengan tampilan seperti diatas, barulah langkah Install OS Blackberry ini anda lakukan, tapi sebelum proses dibawah ini anda lakukan, sebaiknya install dulu OS Blackberry di komputer yang anda ingin gunakan pada Blackberry anda nantinya. OS Blackberry terupdate bisa anda download di situs resmi blackberryatau bisa melalui link Download Desktop Manager 610 B038 Multi Language
  1. Pastikan Blackberry masih dalam keadaan ON dengan tulisan dilayar "Reload Software: 507" , dan terhubung ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. OS untuk Blackberry sudah harus terinstall di komputer, nah jika sudah , segera ke direktori C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader , didalam folder AppLoader , anda akan menemukan file Loader.exe , seperti yang anda bisa lihat pada gambar dibawah ini:
  3. AppLoader.Exe Untuk Memulai Proses Penginstallan OS Balckberry
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  4. Klik double pada Loader.exe , maka akan tampil jendela seperti dibawah ini
  5. Install OS Blackberry
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  6. Klik next , maka akan tampil lagi jendela seperti dibawah ini
  7. AppLoader Membaca Pin Blackberry
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  8. Pada gambar diatas perhatikan dibagian connection, disitu akan ada pin dari Blackberry anda tertulis , jika tidak berarti sambungan USB blackberry ke komputer bermasalah, cabut dan pasang ulang kabel USB, jika blackberry anda sudah dikenali , klik NEXT , maka akan tampil jendela seperti dibawah ini.
  9. Konfigurasi Device Blackberry
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  10. Tunggu beberapa saat hingga muncul lagi jendela seperti gambar dibawah ini.
  11. Mengecek Versi OS Blackberry
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  12. Perhatikan gambar diatas , pilih opsi kedua (ical telah tandai dalam kotak merah) , selanjutnya klik Next. muncul jendela seperti pada gambar dibawah ini
  13. Pilih Aplikasi Blackberry
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  14. Pada gambar diatas, silahkan pilih aplikasi apa saja yang ingin anda install bersamaan dengan install OS, terceklist berarti diinstall, hilangkan ceklist jika tidak ingin menginstallnya. Jika sudah , klik Next lagi , dan akan muncul gambar seperti dibawah ini.
  15. Daftar Aplikasi Yang Akan Terinstall
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  16. Gambar diatas adalah list aplikasi yang akan ter-install juga bersamaan dengan OS blackberry, hanya untuk memperjelas, kalau misalnya ada aplikasi yang terlewatkan di ceklist , silahkan klik back , dan kembali ke langkah 7 , jika semua aplikasi sudah pas, silahkan klik Finish dan proses penginstalan OS akan dimulai , seperti gambar dibawah ini.
  17. Proses Install OS Blackberry Sedang Berlangsung
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  18. Silahkan tunggu sejenak, proses mungkin agak sedikit lama, sampai akhirnya proses instalasi sukses, seperti pada gambar dibawah ini.
  19. Proses Install OS Blackberry Sudah Selesai
    Cara Install OS Blackberry - klik gambar untuk perbesar
  20. Klik finish pada kotak dialog seperti gambar diatas, Blackberry anda akan melakukan restart. 

Itulah Cara Install OS Blackberry , silahkan dicoba, mudah-mudahan bermanfaat.

Related Posts

55 komentar

  1. sy mau install BB type 8329 curve tp nggak bisa, dilayar tertulis app error 205, ketika sy cuba mengikuti paduan diatas, mohon infonya lg..?

    BalasHapus
  2. itu muncul pas,,, mau booting bro????,, coba di wipe ulang aja,,, jgn lupa sebelum di wipe,,, os harus diinstall dulu di PC.....

    BalasHapus
  3. os nya harus d instal dlu d pc ya mas bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro,,, OS nya itu diinstall seperti menginstall program pada umumnya

      Hapus
  4. Penggunaan Blackberry OS nya dimana Gan ?
    C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader.exe
    sudah terinstal saat install "Desktop Manager Blackberry"
    Mohon pencerahan . . . ^_^

    BalasHapus
  5. Maaf bro....mau nanya nih. Sorry kalo pertanyaannya agak sedikit aneh, soalnya saya ada di daerah pedalaman kalimantan, punya BlackBerry lagi error. Mau instal ke counter HP, jauh broo... Truss saya agak sedikit rada-rada gaptek nih.

    Begini bro. Di poin no.7 dikatakan, silahkan pilih aplikasi apa saja yang ingin anda install bersamaan dengan install OS, terceklist berarti diinstall, hilangkan ceklist jika tidak ingin menginstallnya.

    Nah....utk standart blackberry seperti bawaan waktu kita baru beli, apakah semua aplikasi itu di ceklist?

    BalasHapus
  6. G bro,aplikasi tertentu aja yg terpilih...

    BalasHapus
  7. gan mo tanya nich kalo os update wat curve 8330 smartfren os berapa y gan?
    nuwum

    BalasHapus
  8. os punya saya blacberry 9500 gak bisa di instal di pc tulisannya "this instalation package could not opened.contact the aplication vendor to verify that this is a valid windows installer package"
    ada solusi gan??

    BalasHapus
  9. vendor.xml dan device.xml yg di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader udah di hpus??? klo blum coba dihpus dulu terus proses installnya di ulang

    BalasHapus
  10. gk biza nih,,bb gw reload softwere 507 truz

    BalasHapus
  11. mau tanya, langkah 5 selesai tapi langsung ke langkah 7 nih :( itupun gabisa klik apa" kecuali add. apa yang salah ya.. Thx

    BalasHapus
  12. koq bisa gitu,,, coba di reinstall dulu OS BB di pc nya

    BalasHapus
  13. mas abis install lancar2 semua , akan tetapi begitu di restart keluar pesan "This handheld device includes software that is proprietary and confidential to research in motion limited ("RIM") and/or its affiliates and suppliers. Except to the extent that RIM is expressly precluded by law from prohibiting you from doing so, You are not permitted to reverse engineer.including black box reverse engineering and protocol sniffing.this software or the its software with which it operates. including firmware, interfaces, protocols and other"

    trackbak ok , akan tetapi nggak bisa diapa2-kan solusina gimana ya..???


    BalasHapus
  14. klu tutorial upgrade os 5 untuk blackberry 8330 Sprint gmn gan?sdh saya coba pake Loader delete vendor.xml dan device.xml tapi pada langkah 7 ada konfirmasi " Email Aplication " can't be loaded because some aplication not available,gimana gan?apa yang harus dilakukan?

    BalasHapus
  15. lok udah restart sendiri USB bsa di cabut langsung gak?????

    BalasHapus
  16. bro bb ane tiba2 mati total nh ( bold 9000 )
    kedip2 led nya aja 1x
    itu dari os nya atau apa bro?

    mohon pencerahan nya ^-^

    BalasHapus
  17. masalah saya sama seperti si marlina mukti, trus gimana nih

    BalasHapus
  18. tengkyu bangets sebelum dan sesudahnya.....sya sdh bisa om,tp yg jadi pertanyaan sya??klu tiap kali mau install dg jenis os dan bb yg beda apa hrs install os dlu ke pc???apa nanti gak menuh2in disk C nya om???

    BalasHapus
  19. gan numpang nnya pas instalasi os bb 8520 kok gak bisa y...step 1 next kn..step 2 pin bb qta ke baca nah pas itu di ane gak muncul gmabar no. 6 yg ada d atas...langsung ke no 7...itu knp y gan

    BalasHapus
  20. bro
    kq step ke 8 gw gak ada ya?
    tolong infonya donk

    BalasHapus
  21. gan
    step 6 ke 7 kq gw gak bs lewatin yah
    tolong infonya donk :D

    BalasHapus
  22. Saya juga mengalami maslah seperti Diah .... Mhn share solusinya ... Tq

    http://sphotos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/p480x480/48072_4759206413717_1282935144_n.jpg

    BalasHapus
  23. ===============================
    "This handheld device includes software that is proprietary and confidential to research in motion limited ("RIM") and/or its af...filiates and suppliers. Except to the extent that RIM is expressly precluded by law from prohibiting you from doing so, You are not permitted to reverse engineer.including black box reverse engineering and protocol sniffing ................

    BENER-BENER BIKIN PUSING BENER .... !@3$??? ... :(

    ===============================

    BalasHapus
  24. punya saya kanapa tidak timbul yang langkah 6 , tapi langdung muncul langkah 7 dan tidak bisa memilih atau d centang..
    mohon pencerahan

    BalasHapus
  25. brow mau tanya neh penting sftware yng paling cocok dengan bb curve 8520 apa ya,soalnya udh donload versi 5 tpi ga kompatibel dengan device gmn tu brow mohon bantuannya

    BalasHapus
  26. @niakurniasih https://swdownloads.blackberry.com/Downloads/entry.do?code=577BCC914F9E55D5E4E4F82F9F00E7D4 semoga membantu ^^

    BalasHapus
  27. gan ane mau tanya pas di step ke 5 ko lama bgt ya?? barnya cuma 4 g naek2 dah kira2 1jam 1/2 ga berubah gitu2 aja??
    mohon pencerahannya

    thx

    BalasHapus
  28. "This handheld device includes software that is proprietary and confidential to research in motion limited ("RIM") and/or its af...filiates and suppliers. Except to the extent that RIM is expressly precluded by law from prohibiting you from doing so, You are not permitted to reverse engineer.including black box reverse engineering and protocol sniffing ................
    ane bener" pusing gan dibikin nya bolak balik instal tpi ttp kya gtuh.. googling nyari solusi blm nemu jalan keluarnya. gimana dong min? tolong pencerahan nya. (bb curve 8530 cdma)

    BalasHapus
  29. Thanks infonya, bb saya udh seperti biasa, truuss pas di restore kok ga bisa ya???......

    BalasHapus
  30. tengkiu bang icall....inni bener bener berhasil pada bb storm 9550 saya

    BalasHapus
  31. om gan mau tanya pas step terakhir kok bb na gak mau konek ke pc ya jd pas booting jalan dikit eh dia mati terus booting lg dan seterusnya sampai tar ada muncul window baru,jd suruh pilih retry atau di cancel nah klo di retry ulang lg kaya booting tadi...

    mahon petunjuknya ya gan...

    BalasHapus
  32. gan, setelah step ke 2 koq muncul pemilihan aplikasi perangkat ya, lama banget. emang gitu & perlu ditunggu atau gmana?

    BalasHapus
  33. BB bold 9000 ane udah 2 minggu tewas cuma lednya aja yg kedip 4x, segala macam cara udah ane lakuin tp tetep aja gk bisa (gagal konek ke perangkat(ARM))
    Barangkali agan agan ada yg tau gimana solusinya ane mohon bantuannya..

    BalasHapus
  34. mas...setelah saya jalankan tugas yg no.5 truss kluar
    blackberry destop sofware tidak mempunyai
    blackberry dvice sofware untuk perangkat yg anda telah tersambung ke kompuetr.
    kontak penyedia layanan nirkabel atau administrator sistem anda..
    tolong
    solusi nya dong mas..

    BalasHapus
  35. mas...setelah sya lakukan tugas yg no 5..trus kluar nya
    blackberry destop tidak mempunyai
    blackberri device sofware untuk perangkat yg anda telah tersambung
    ke komputer...
    kontak penyedia layanan nirkabel atau adminstrator sitem anda
    tlg kasih solusi nya mas...

    BalasHapus
  36. bb saya pada waktu dihidupin muncul jvm error 528 dan gak bisa dihidupun,,gmn cara mengatasinya?

    BalasHapus
  37. ane udh nyoba seperti cara diatas..tapi tetep gk bisa...gimana neh......masih gk ad os ny

    BalasHapus
  38. min,pas persis pada layar di atas bb saya pin gk nonggol
    tolong solusi nya mid ...

    BalasHapus
  39. kok pin saya gk nonggol ya ?
    mohon solusi nya donk

    BalasHapus
  40. kok saat klik next, diem aja ngak mau proses kenapa ya..?

    BalasHapus
  41. langkah 4 pin gw ga muncul masalah nya dmn gan ?

    BalasHapus
  42. kalo PIN tidak nongol berarti harus pasang cabut USB sampai PIN BB nongol,,,,

    BalasHapus
  43. kalo langkah no7 gk muncul pilihan centangnya, masalahnya itu ada pada installan OS nya, mungkin salah download installan OSnya, jadinya gk ke detect sama handphone BBnya ,.,

    BalasHapus
  44. kalo langkah no7 gk muncul pilihan centangnya, problemnya di installan OS nya, coba download installan OS yang sesuai dngan tipe HP BBnya,.

    BalasHapus
  45. ane kok ga bs download ya gan

    BalasHapus
  46. ko masih ada error507 nya ya mas , itu kenapa ?

    BalasHapus
  47. terimakasih banyak gan atas infonya akhirnya bb saya yang stuck sudah normalkembali :D

    BalasHapus
  48. Kenapa setelah selesai ketik next di tampilan pin bb tdk dpat keluar seperti gambar no7?

    BalasHapus
  49. Kenapa setelash selesai next seperti gambar no4 tdk keluar gambar seperti no7?

    BalasHapus
  50. Gan saya langkh ke 5 lwat tpi lngsung k langkah 7, stlah itu tidak ad pilihan yg bisa di klik.. itu gmana gan? trus di hpnya ad tulis error 507 reload software for further information, please visit www.blackbery.com/507.
    solusinya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. OS Blackberry nya diinstall dulu di PC gan,,,

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter